Umroh Saat Berada di Madinah

 

○Di Madina tgl. 19 Nov (Sabtu Malam)

Tgl 19 Nov Berangkat naik bis menuju hotel di Madina jam  21.35 waktu Madina. Dipandu oleh Muhammad Qosim selama perjalanan menuju hotel dg qultumnya. Setelah di hotel langsung maem malam dan setelah itu masuk kamar hotel leyeh leyeh, setelah capeknya hilang menuju masjid utk menunaikan sholat isya dan Maghrib qosor di emperan diluar masjid. setelahnya menuju roudhoh tapi tidak bisa kemudian ke arah makam SAW di pandu bersama ba Jazuli, huri, Didiek, Pulangnya Lanjut lagi ke hotel leyeh - leyeh. Perjalanan ke hotel berfoto foto ria. Rombongan perempuan ikut mobil. Sampe menjelang pagi.

○Hari Pertama tgl 20 Nov (Minggu)


Dimulai sholat malam dan subuh bersama sama, jelang masuk masjid berpisah laki - laki dan perempuan. Sy dg ba jezuli,
mas Didiek, masuk dr pintu masjid no 1 dan 2 sehingga mendekati lokasi roudhoh sedangkan mik dg Bi Rifa, mutik, hannah ke lokasi sholat perempuan di wilayah pintu gerbang 320.  Saat sholat dhuhur rombongan bersama-sama ikut semua namun berpisah sesuai jenis kelamin dan kesukaan.  Saat sholat asar dan mahgrib  sy sendirian sedangkan mik berada di hotel istirahat Krn lelah saat sholat dhuhur, sedangkan waktu isya sy bersama mik sholat bersama namun lokasinya di luar gedung masjid Nabawi dekat wilayah pintu gerbang 322 ( pintu masjid 14).

○Hari kedua tgl 21 Nov (Senen)


Dimulai menunggu di lobby untuk pergi ke roudhoh bersama kenalan tidak sengaja org blega p Abduh sbg city tour SBY yg sdh janjian semalamnya, namun yg bisa masuk hanya m qumala dan umi ba Jazuli sedangkan lainnya sayang gagal masuk Krn tidak tercatat mungkin terlalu banyak.  Saya masuk ke area makam SAW, melakukan pelanggaran yaitu masuk jalur terdekat diusir oleh polisi Arab Saudi ke area yg sebenarnya. Setelah menunggu kedatangan rombongan ziarah roudhoh berhasil kembali ke hotel dilanjutkan Ziarah ke masjid kubah yaitu mrpakan masjid pertama kali di bangun oleh Baginda rosul di kota Madinah yaitu setelah sampe ke Madinah dg sambutan Hadrah tolaal Badru antara  sobat Muhajirin dan Ansor. Dalam perjalanan menuju masjid kuba melalui masjid ijabah, masjid Umar, Baki (pemakaman umum) dan masjid Bilal.  Selanjutnya menuju ke kebun korma, yang mana  di anjurkan makan korma Ajwa, sayang pada saat ini belum musim kurma Krn kurma terjadi pada musim panas sementara sekarang memasuki musim dingin.  Di kebun kurma ini saya beli kurma ajwa 50 real 1/4 kg, kurma shirya 20 real 1/2 kg, coklat 40 real 1 kg, sedangkan  mik beli coklat 40 real 1 kg dan kurma basah 20 real 1/2 kg. Selanjutnya ke bukit Uhud. Di gunung Uhud ini melakukan ziarah kubur ke para suhadah yg meninggal Krn perang. Disana sampe ada suara adzan dhuhur shg tidak bisa sholat dhuhur berjamaah setelah sampai di hotel Krn sdh selesai. Sesampai di hotel istirahat sejenak lalu menjelang asar ke masjid lagi melaksanakan sholat dhuhur sambil menunggu sholat Azar.  Ada janjian dgn teman mas Didiek utk ikut masuk ke roudhoh setelah sholat asar sehingga menunggu di pintu masuk 37. Alhamdulillah setelah sholat Azar bisa masuk ke area roudhoh bersama mas Didiek beserta teman yg bawa rombongannya. Dilanjutkan menuju hotel menjemput mik utk sholat asar, magrib dan isya. Seperti biasa sholat di halaman masjid tidak kedalam di area pintu gerbang 320 pintu masjid 14.

○Hari ketiga tgl 22 Nov 2022 (Selasa)


Hari ini adalah jadwal resmi dari travel utk bisa masuk ke kawasan roudhoh. Jam pagi adalah jadwal kaum perempuan yaitu setelah sholat subuh. Sedangkan jadwal sore adalah untuk laki laki. Seperti biasa sy ikut mengantar mik, BI rifah, motik, hannah kearea sholat perempuan di wilayah pintu gerbang 361 yg dengan area roudhoh sedangkan saya ada di area pintu masuk masjid no. 37. Solat seperti biasa namun saat begitunya ingin pipis, mau balik hotel jauh shg masuk area tempat toilet pria dekat akses makam rosul disana saya pipis dan eek sepuasnya sampe tidak terasa pipis dan eek lagi. selanjutnya Masuk ke area makam rosul SAW mengikuti jalur yg di tentukan namun stelah keluar Pintu di tabrak oleh pemakai kursi roda mungkin Krn sy melamun di tengah jalan. Sambil menunggu rombongan perempuan yg keluar dr roudhoh. Akibat terlalu siang yg datang dr roudhoh tidak kebagian makanan. Setelahnya istirahat Krn kelelahan walaupun sebenarnya ada acr keliling seputaran masjid Nabawi. Saat sholat dhuhur bersama ba Jazuli setelah sholat selesai sy di jlskan panjang lebar umroh di Madinah yg intinya semua ingin pergi ke roudhoh Krn banyak faedahnya. Mik marah sy datang terlambat utk jemput makan siang Krn dr pagi tidak makan nasi, namun Alhamdulillah bersama orang ke ruang makan. Siangnya sesuai jadwal 02.30 bertemu guide tour (mutowwif) di lobby untuk bersama sama sholat jamaah asar setelahnya masuk roudhoh bersama pula. Alhamdulillah bisa lama di dalam roudhoh (2x putaran) jelang adzan Maghrib 17.20 disuruh keluar oleh laskar. Rombongan yg lama saya, Gus aan, mas afiq dan   mas Didiek setelah keluar dr roudhoh menuju ke toilet (beda dgn toilet yg pernah di datngi), setelahnya sambil nunggu Maghrib, saya Tlp rumah dimana disana sdh jam 21.20. cerita cerita ttg sesuatu hal di Madinah.

○Hari ke Empat tgl. 23 Nov 2022 (Rabu)


Setelah sarapan pagi karena hari ini adalah hari bebas artinya sesuka jamaah bahasanya perbanyak berdoa, oleh karena diisi dg touring religi ke lokasi perang badar diluar program travel, ini hanya kegiatan inisiatif pribadi/kelompok, dg menyewa mobil senilai 12 org yg ikut (kecuali qomala, mas faqih,  mbah dan h Fatima) x 50 real. Menuju makam badar (dimana tempat dimakamkannya para Suhadak). Nama para Suhadak yg di makamkan diwujudkan dalam bentuk monumen. Di badar ini mik papok menggendong anak orang asing dg background monumen nama nama para Suhadak (dr ..), bertemu dg mahasiswa Kairo yg sedang mengantar org shg sekaligus meminta penjelasan ttg monumen suhadak Badar. Dalam perjalanan menuju Monumen badar mampir sebentar di sumur Rohan yaitu sumur racun namun setelah dibaca doa doa oleh Nabi  racun hilang dan bisa di minum oleh sahabat dalam perjalanan ke peperangan di badar yaitu 1000 : 310 pasukan Quraisy : Muhajirin.  Sampe masjid Nabawi tepat jam sholat dhuhur, oleh sopir mobil, langsung ke kamar mandi ambil wudhu dan sholat dhuhur. Setelah sholat dhuhur ada acara kumpul kumpul yg diadakan di lobby hotel lantai dasar ttg persiapan pergi mekkah dgn menghasilkan kesimpulan tas bagasi jam 10 sdh kumpul, pake ihram dr hotel saat berangkat ke mekkah, niat ihram dr masjid Bir Ali, ada pematangan yang di Mekkah besok hari Kamis. Setelah sholat Azar (saya dan keluarga p mashuri) bersama mutowwif keliling sekitaran masjid Nabawi seperti Baki sambil jelaskan hal hal di sekitaran masjid Nabawi, Bani Saidah & Bani Sakifah (diwujudkan berupa taman Krn dahulunya adalah tempat rapat). Selanjutnya jemput mik di hotel utk melakukan sholat Maghrib dan Isyak. Selanjutnya makan dan packing barang bawaan dan istirahat.

○Hari Ke Enam, Tgl. 24 Nov 2022 (Kamis)


Seperti biasa melakukan iktikaf masuk ke jadwal roudhoh jam 03.30  (bertahan 2 giliran) dg scan code dr mas didik di dalam roudhoh bertemu dg ba Jazuli dan mas Subhan sebelumnya mengantarkan posisi sholat subuh mik. Setelah sholat subuh mau jemput mik ternyata di luar sudah hujan lumayan cukup deras. (Sebetulnya sudah ada tanda tanda akan hujan seperti Hambal tempat sholat tidak di hamparan), setelah sholat subuh para jamaah di fokuskan menyiapkan barang bawaan yg akan dibawa ke Mekkah karena jam 11.00 wib sudah harus siap dimasukkan ke bagasi bis dan istirahat total. Setelah sholat dhuhur langsung makan siang dan Jam 14.45  check out dr hotel untuk pergi ke kota Mekkah, berhenti di masjid Bir Ali. Masjid bir Ali adalah sebuah tempat sumur utk para Muhajirin yg melakukan peperangan saat itu. Di Bir Ali melakukan tahiyatul masjid, sholat wajib Azar Krn saat sholat dhuhur tidak sholat qosor dg Azar dilanjut sholat niat ihrom seperti biasa foto bersama sebelum Berangkat ke mekkah. Selanjutnya jam 16.04 start mulai melakukan Niat ihrom lanjut bersama membaca niat ihrom dan start berjalan bis. Selama perjalanan mutowwif memberikan arahan doa, nasehat dan kultum. Bapak p mashuri pisah lalu ayah ketemu sy lalu sy pertemukan dg p mashuri. Sedangkan mik papok (ibu sy) perjalanan ke Mekkah membutuhkan waktu kurang lebih 5 jam.  Jam 19.00 berhenti di lokasi semacam rest area, (Wedi masturah) di tempat ini jamaah dapat sholat, buang air kecil/besar, maem. Dr lokasi ini masih membutuhkan 2 jam lagi supaya sampai di lokasi Mekkah. Jam 19.30 melanjutkan perjalanan lagi ke hotel di Mekkah semua jamaah berpakaian ihram plus niat.

Related

Touring 3642628057320208046

Posting Komentar

emo-but-icon

Cari Postingan

Follow Me !

Hots News

item