Umroh Saat Berada di Mekkah

 



○Tgl. 24 Nov 2022 (Kamis)


Masih tgl 24 Nov 2022, Kamis malam jamaah dlm posisi ihrom menuju kamar di hotel untuk bersih bersih sehabis perjalanan dr Madinah dan sekalian untuk makan malam selanjutnya menuju masjidil haram melaksanakan umroh ke satu saya niatkan utk diri sendiri (program travel). Pelaksanaan umroh kesatu ini berakhir menjelang tengah malam. Dan dilakukan secara bersama secara utuh 16 org di pimpin oleh mutowwif ustad Qosim. Niat umroh kali pertama utk sy pribadi setelah selesai menuju hotel untuk istirahat.

○Tgl 25 Nov 2022 (Jum'at)


mik tidak ikut ke masjid utk sholat Jumat (dhuhur) Krn sdh kelelahan Krn telah melakukan umroh ke 1, sy pergi sendirian menuju lantai 3 Krn TDK pakai ihrom dan  bisa memandang Kakbah jika berdiri. Sore jelang Azar bersama sama Mik sholat di lantai 1 (pake ihram). Walaupun tidak sempurna Krn di usir laskar tapi tetap berhasil mengerjakan sholat Azar.

○Tgl. 26 Nov 2022  (Sabtu)


Pagi bersama Mik berangkat ke masjid di lt 2 dengan memakai ihram utk sholat berjamaah subuh, setelah sholat selesai langsung kembali ke hotel untuk sarapan. Jam 8.16  melakukan perjalanan ziarah ke beberapa tempat (Jabal Tsur, Jabal Rahmah, arofa, Mina dan Muzdalifah sekaligus miqot di masjid Ji'ronah untuk melaksanakan Umroh ke 2

○A. Jabal Tzur


Tempat sembunyi nabi saat dikejar musuh bersama abu bakar Siddiq selama 3 hari dibantu hewan laba laba dan merpati. Yg merupakan selatan kota Mekkah. Ke Madinah ke arah Utara. Tinggi Jabal Tzur 1/5 Km setiap hari di kirim makanan oleh bibi nabi dr Mekkah.
Tempat ini hanya di lewati saja Krn ditutup oleh polisi.

○B. Jabal Rahmah :


Tempat pertemuan nabi Adam dan Siti hawa setelah berpisah puluhan tahun. Dengan bermunajat nabi Adam selama 40 hari bertemu di Jabal rahmah.  Berpisah sbg akibat memakan buah huldi nabi Adam ke Palestina sedangkan Siti hawa di Jeddah (neng duda). Disini banyak orang jualan berbagai macam kebutuhan buah tangan. Sy bersama mik jg ikut belanja yaitu: Pakaian Top warna coklat 1bh, gantungan kunci 3bh, sajadah kecil 3bh, kismis hitam 1/2kg, kopyah 10bh,
C. Musdhalifah (mendekati bertemu dg Siti hawa ke nabi Adam)
D. Mina
E. Jabal Noer tempat goa hiro' tempat dimana Al Qur'an diturunkan pertama kali. Dan tempatnya nabi bersemedi (berhalwat).
F.  Arafah (bertemu)
G. Ma'la (tempat kuburan umum) yg berada di Mekkah
Kelima tempat ini hanya di lewati Saja tidak berhenti Krn hanya dipakai pada saat musim haji dan dilarang oleh polisi.

○H. Ji'ronah (nama org wanita yg kurang bagus)


Masjid Ji'ronah biasa sebagai mikot yg akan melakukan umroh. Begitu juga rombongan mubina. Di Ji'ronah sy membeli kurma muda ajwa 50rb, sholat dhuhur, dan mik beli baju n coklat. Pelaksanaan umroh ke 2 ini dimulai setelah sholat Azar dan selesai saat Maghrib, sy ambil wudhu di toilet 4 dan saat kembali ke hotel lewat jalur lain.  Pada kegiatan ziarah aba Jazuli dan Mbah tidak ikut dan pada saat umroh berpencar pencar menjadi 3 kelompok. Di Umroh ke 2 ini sy khususkan ke Mbah mar'atus Sholehah bersama keluarga p Mashuri. Sedangkan mik tidak ikut umroh.

○Tgl. 27 Nov 2022 (Minggu)


Pada hari Minggu melakukan Umroh ke 3 secara mandiri. Berangkat ambil miqot di masjid Aisyah (taib) terbagi dalam 3 kelompok dg 3 kendaraan taxi @50 real, kecuali keluarga P mashuri TDK ikut serta dalam rombongan. Dan sampai di masjid sebelum sholat subuh. Setelah sholat subuh melakukan umroh niat untuk Mbah Ridwan.Saat umroh sy sempat berpisah dg rombongan Krn sy ingin menyentuh kain Kakbah. Selesainya pelaksanaan umroh mandiri ini berakhir jam 09.45 lebih sehingga sarapan pagi beli sendiri. Mas didik dan mas Aan membeli nasi Bukhori. Sayang sy tidak suka Krn banyak kandungan  minyak sehingga tidak makan digantikan dg makan roti.

○tgl. 28 Nov 2022 (Senen)


Seperti biasa jelang sholat subuh selalu berjamaah saya dan mik setelahnya ke pasar swalayan di Mekkah.

○ Tgl. 29 Nov 2022 (Selasa)

Jam 14.08 mulai Berangkat menuju jeddah (Qur is) tempat belanja ditempuh dalam waktu 1 jam 45 menit. Melewati pasang mahsar, masjid kisos (TDK di buat qisos tp sbg taman) saat jam 15.24.  tiba di kurnis yaitu pusat belanja yg merupakan persinggahan para jamaah umroh yg mau menghabiskan uang realnya shg baru berangkat ke bandara Jeddah jam 18.08 begitu juga ustad Qosim berpamitan ke para jamaah yg sebelumnya membagikan kontak makanan ala masakan Indonesia. Sampai di bandara Jeddah sambut oleh pihak travel dan ada famili ba Jazuli.  Di bandara Jeddah ini ada delay 1.5 jam dr jadwal yg semestinya.

Related

Touring 7141029135507611097

Posting Komentar

emo-but-icon

Cari Postingan

Follow Me !

Hots News

item